Pengertian, Sejarah dan Dampak Positif Negatif Komputer

Komputer dan Masyarakat

- Apa itu komputer
- Sejarah komputer
- Dampak positif dan negatif bagi masyarakat

  • Apa itu komputer? Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Sumber

  • Sejarah komputer :
  1. Komputer generasi pertama tahun 1946-1959 : Dengan terjadinya Perang Dunia II, negara­negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer.
    Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
    (1) Colassus
    (2) Mark I
    (3) ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator)

    ENIAC

    (4) EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)

    EDVAC

    (5) UNIVAC I (Universal Automatic Calculator)

    UNIVAC

    Ciri komputer generasi pertama adalah:
    - Penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar)
    - Adanya silinder magnetik untuk penyimpanan data.
    - Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.
    - Setiap komputer memiliki program kode­biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

  2. Komputer generasi kedua tahun 1959-1964 : Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery­ Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer­komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.
    Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan­singakatan untuk menggantikan kode biner.Pada awal 1960­an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen­komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

    Komputer generasi kedua

    Ciri-ciri komputer pada generasi kedua:
    - Penggunaan transistor sehingga ukurannya lebih kecil
    - Adanya pengembangan memori inti­magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya
    - Penggantian dari bahasa mesin menjadi bahasa Asembly
    - Muncul bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN

  3. Komputer generasi ketiga tahun 1964-1970 : Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian­bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen­komponen ke dalam suatu chiptunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen­komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
    Ciri-ciri komputer pada generasi ketiga:
    - Penggunaan IC(Intregrated Circuit)
    - Ukuran komputer menjadi lebih kecil
    - Ditemukannya Sistem Operasi
  4. Komputer generasi keempat tahun 1979-sekarang : Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen­komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980­ an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra­Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara­ cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer­komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
    Ciri-ciri komputer pada generasi keempat:
    - Digunakannya LSI, VLSI, ULSI
    - Digunakannya mikroprosesor

Sumber

  • Dampak positif dan negatif bagi masyarakat :

- Dampak positif :

  1. Menambah pengetahuan
  2. Memudahkan proses komunikasi
  3. Mempercepat dalam  mengerjakan pekerjaan
  4. Menyediakan lahan atau bidang pekerjaan yang baru
  5. Dapat membantu aktivitas sebagian besar orang, seperti membayar tagihan, belanja, bermain game dll

- Dampak negatif :

  1. Menggunakan komputer terlalu lama dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, seperti kelelahan mata, sakit kepala dll
  2. Dapat membuat seseorang kecanduan, seperti dalam bermain game
About these ads

Tentang alfianeffendi

Someone who want to try be successful!! Lihat semua tulisan milik alfianeffendi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: